FileZilla Error

Kamis, 14 Muharram 1431 (31/12/2009 M)

Hampir 2 hari saya mengerjakan pengecekan FileZilla di kantor, tetapi belum juga ketemu solusinya. FileZilla merupakan software FTP open source yang kami gunakan untuk mengakses (mengambil) data dari server kantor yang terletak di tempat lain. Software ini terasa penting menjelang tiap akhir bulan, karena saat itulah kami mulai mengolah data laporan akhir bulan. Salah satu data penting yang kami olah harus diambil dari server tersebut. Padahal bulan-bulan kemarin FileZilla lancar digunakan, tetapi kenapa bulan ini terjadi error ?
#Error: tiap kali saya coba open connection selalu gagal karena timeout.
#Tindakan:
1. Saya cek koneksi ke server, lancar.
2. Saya coba Remote Desktop ke server, lancar.
3. Saya cek service FileZilla-Server di komputer server, ada. FileZilla-client saya jalankan u/ koneksi, masih error.
4. Saya setting ulang password account (di komputer server) yang biasa saya pakai, belum berhasil juga.
5. Saya install ulang FileZilla server, tetep error.
6. Saya matikan service FileZilla, lalu install FTP server lain, hasilnya sama aja.
7. Saya ganti FileZilla client dengan emFTP client (di komputer kantor), sedangkan FTP server gantian antara FileZilla server & War_FTP server, masih error.
8. Akhirnya, saya kembalikan FileZilla server ke aslinya, semua setting account juga saya balikin ke aslinya, sebelum saya ubah2 & FTP client saya kembalikan ke FileZilla client.
9. Semua port di komputer server saya cek, OK.
10.Saya cek firewall, ternyata FileZilla server & FTP kena blokir, waaah, kok nggak dari awal ya saya cek???
11.Akhirnya, saya aktifkan FileZilla server & FTP yang kena blokir di firewall, saya jalankan, alhamdulillah, normal lagi & lancaaaaaar jaya !

2 comments so far

  1. nova prima saputra on

    om yang baik hati… tolong dong kirim detail cara step by step menggunakan filezilla seperti diatas, untuk mengambil data dari server or komputer lain,,, please……

    • saya2009 on

      @nova prima saputra:
      Saya asumsikan anda punya server sendiri atau komputer lain yang mau di-connect. Perlu saya jelaskan dari awal download & install apa nggak ?
      Ntar, saya bikinin prosedurnya ya ? Lumayan panjang & saya hanya OL di kantor aja, kalau di rumah istirahat.🙂


Leave a Reply

