Setting ulang Sharing Fastnet SOHO

Senin, 18 Rab Awal 1431 (08/03/2010 M)

Kamis kemarin ada petir nyamperin halaman belakang kantor saya, suaranya luar biasa kerasnya, sampai-sampai saya, yang sudah biasa mendengar suara petir tanpa kaget, lumayan agak kaget dibuatnya. Walhasil, komputer saya langsung blank monitornya, mati seenaknya sendiri, tapi CPU masih nyala. Saya segera me-restart PC, alhamdulillah, CPU bisa nyala, tapi…. Ternyata, monitor tetap blank dengan nyamannya. Diagnosa awal saya: VGA card rusak ! Dengan tenang saya istirahat, karena saya tahu kalau komputer saya harus dibelikan VGA card baru, kenapa? Karena VGA card PC saya onboard. Dan berhubung waktu sudah sore, saya juga sudah kecapekan, maka saya rencanakan besok pagi belanja VGA card. Setelah ganti motherboard, alhamdulillah PC saya bisa nyala lagi. Tapi tantangan berikutnya muncul, saya harus setting ulang sharing FastNet SOHO (FNSH) saya.

1. Cek kedua LAN card apakah bisa dipasang di slot PCI pada PC, gagal satu. Waktu LAN card kedua saya coba pasang, monitor nggak mau nyala, kondisi standby/blank. Berarti, satu LAN card jadi korban. Terpaksa, harus diganti.

2. Cek kedua LAN/ethernet card, apakah sudah dikenali OS (driver biasanya sudah ada), OK.

Setting IP:  a. card#01: IP = 192.168.1.111, Subnet = 255.255.255.0, Gateway = 192.168.1.1, DNS1 = 202.73.99.4, DNS2 = 61.247.0.4

b. card#02: dinamic/automatic IP & DNS.

3. Test ping ke IP sendiri, misal: 192.168.1.111, OK.

4. Test ping ke IP gateway, misal: 192.168.1.1, … gagal.

5. Test ping ke IP tetangga, misal: 192.168.1.11, … gagal juga.

6. Cek firewall masing2, karena biasanya kalau ON bikin susah di-ping, sudah OFF.

7. Test ping lagi ke tetangga, … masih gagal juga.

8. Setting IP LAN ke automatic, koneksikan dengan FNSH, … limited connectivity, = nggak beres.

9. Saya coba ganti setting IP card#02 kembali ke static, tapi IP = 192.168.100.11, karena IP modem FN = 192.168.100.1,  jangan lupa matikan dulu card#01.

10. Konfigurasi ulang / reset konfigurasi modem FN, reload, OK.

11. Set IP card#02 = automatic, koneksikan ke FNSH, … alhamdulillah, OK. Langsung dapat IP dinamic dari sananya. 12. Perjalanan masih panjang kawan, bersambung dulu ya !🙂

No comments yet

Leave a Reply

